Rabu, 20 Agustus 2014

Jokowi Minta Desain Proyek Monorel Diperbaiki

Presiden sekaligus Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta PT Jakarta Monorail untuk memperbaiki basic design dan detailed enginering design (DED) proyek kereta satu rel tersebut. Menurut dia, masih ada beberapa kelemahan desain proyek tersebut.
"Khususnya stasiun yang melayang, (saya) masih belum sreg," kata Jokowi di Balai Kota seusai bertemu PT Jakarta Monorail pada Rabu (20/8/2014).
Jokowi mengatakan PT Jakarta Monorail belum merinci desain serta gambaran teknisnya.
Salah satu contohnya adalah tiang-tiang penyangga stasiun. Jokowi dapat memahami terbatasnya lahan di Ibu Kota sehingga solusinya adalah dengan membuat stasiun melayang.
Namun, Jokowi menyebut PT Jakarta Monorail belum bisa memberikan gambaran jelasnya. "Posisi tiangnya bagaimana, tebal, tinggi, serta berapa banyak jumlahnya," kata presiden terpilih ini.
Konsekuensinya, perubahan desain yang diminta Jokowi ini dibarengi perhitungan keuangan yang mesti disesuaikan. Dia meminta PT Jakarta Monorail kembali menghitung biaya.
Jokowi mengimbuhkan saat ini kebutuhan moda transportasi di Ibu Kota sudah semakin mendesak. Untuk itu lah dia berharap monorel bisa menjadi salah satu solusi. "Tapi saya minta konsepnya matang terlebih dahulu," katanya.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar