Kamis, 21 November 2013

Jokowi Ajak PM Belanda Jalan-jalan Keliling Waduk Pluit


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengajak PM Belanda Mark Rutte dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berkeliling di Waduk Pluit. Jokowi memamerkan Waduk Pluit yang kini cantik.

Menurut pantauan di lokasi Waduk, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/11/2013), Jokowi, Mark dan Gita tiba pukul 15.45 WIB. Mereka kompak mengenakan kemeja warna putih. Mark dan Gita juga mengenakan dasi.
Begitu turun dari mobil, ketiga pria itu langsung menghampiri dan menyapa puluhan warga sekitar yang menunggu di taman Waduk Pluit.
Jokowi memperkenalkan Rutte kepada warga.
"Ini loh, Pak Perdana Menteri datang jauh-jauh dari Belanda, disapa juga," kata Jokowi.
Rutte pun tampak menyalami dan menyapa para warga tersebut. "Hallo semua...Apa kabar?" kata Rutte dengan menggunakan bahasa Inggris.
Warga kemudian berkesempatan bersalaman dengan Jokowi, PM Belanda dan Gita.
Mereka lalu bergerak menuju bibir waduk. Jokowi menceritakan wajah Waduk Pluit yang dahulu dipenuhi gunung sampah, tetapi kini tengah bersih dan cantik.
Dengan menggunakan bahasa Inggris yang sangat terbatas, Jokowi berusaha menjelaskan kondisi waduk tersebut sebelum dinormalisasi hingga proses normalisasi berjalan kini.
"Look, yesterday, this is full of garbage," kata Jokowi sambil menunjuk ke arah waduk.
"Oh..," kata Mark menimpali sambil mengangguk-anggukkan kepala.
Selain mendapatkan penjelasan dari Jokowi, Gita yang bahasa Inggrisnya tampak lebih baik membantu memberikan penjelasan terkait pembangunan waduk tersebut kepada sang perdana menteri.
Setelah berbincang selama beberapa menit di pinggir waduk, Jokowi kemudian mengajak Rutte kembali ke area taman waduk untuk menunjukkan proses pengerjaan dan target penyelesaian normalisasi waduk yang tersusun dalam sebuah gambar. Gita kembali ikut membantu menjelaskan.
Jokowi, PM Belanda, dan Gita hanya sekitar 15 menit berada di kawasan tersebut. Jokowi dan Mark lalu masuk ke dalam mobil yang sama. Sedangkan Gita terpisah dari keduanya. Mereka kemudian meninggalkan lokasi Waduk Pluit.
Menurut, Dirut Jakpro Budi Karya, Rutte menemui Jokowi untuk mengetahui bagaimana pendekatan merakyat yang dilakukan oleh sang gubernur.
"Benang merahnya dari atensi PM melihat cara menyelesaikan cara dengan yang tidak complicated. Apalagi Belanda punya kepentingan emosional ya sederhana. Dia ingin sekali turut serta menyelesaikan masalah di Indonesia," terang Budi, Kamis (21/11/2013).

Sumber :
- merdeka.com
- detik.com
- liputan6.com
- beritajakarta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar