Minggu, 23 Juni 2013

Pertama kali Terjadi di Indonesia, Gubernur Ikut Lari

Untuk pertama kalinya sejak event Jakarta 10K dihelat, baru kali ini seorang gubernurnya, Joko Widodo, turun ke trek dan ikut berlari bersama masyarakat.
Seakan tak kehabisan tenaga, Jokowi yang seharian kemarin sibuk di berbagai acara HUT ke-486 ibukota Jakarta, awalnya hanya dijadwalkan melepas lomba Jakarta International 10K 2013, Minggu (23/6) pagi, di kawasan Silang Monas Barat Daya.
Menjelang start pukul 06.30 WIB, Jokowi muncul di podium dengan penampilan yang "mengejutkan". Ia mengenakan t-shirt warna hijau yang memang telah disiapkan panitia, tapi celana pendek dan sepatu kets yang ia pakai membuatnya tampak tidak formal.
Tanpa pidato panjang lebar, Jokowi hanya mengucapkan dua kalimat dengan alat pengeras suara dari atas podium. Sambil mengibarkan bendera start, ia berseru: "Selamat pagi warga Jakarta. Dengan kata Bismillah, Jakarta International 10K dibuka."
Lomba pun dimulai. Puluhan pelari elite internasional dan nasional pun mulai mengayuh kakinya. Di belakang mereka adalah pelari buffer, lalu peserta umum dan pelajar.
Jokowi sempat terlihat berbincang-bincang dengan para undangan lain di atas podium, dan meladeni permintaan sejumlah ibu-ibu untuk berfoto bersama.
Sejurus kemudian, tidak disangka-sangka ia meloncat turun dari atas podium. Rupaya ia ingin ikut berlari. Maka, tentu saja dengan didampingi sejumlah pengawal, ia dengan ekspresi wajah riang gembira berlari dari Silang Monas Barat Daya, tempat start. Aksinya itu tak pelak mendapat tepuk tangan meriah dari hadiri.
Menurut keterangan panitia kepada detik.com, baru kali ini seorang gubernur ikut terlibat di event lari 10K di Jakarta itu, yang tahun ini memasuki edisi ke-10.
"Sebelumnya Beliau tidak mengatakan apa-apa soal ini. Yang kami tahu, Pak Jokowi memang akan membuka dan melepas secara resmi acara ini. Bahwa dia kemudian ikut lomba, kami merasa surprise sekali," tutur Dennis Harisvianto dari D & D Production selaku event organizer acara yang digagas oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta itu.
Berapa waktu yang diperlukan Jokowi untuk menyelesaikan lomba lari sejauh 10 km itu? Tidak juga. Ia hanya berlari sampai Bundaran Hotel Indonesia, sekitar dua km dari titik start. Setelah itu ia meninggalkan arena lomba untuk melakukan aktivitasnya yang lain.
Jakarta International 10K tahun ini, yang disponsori oleh produsen minuman Milo, diklaim pihak penyelenggara diikuti sampai 35 ribu orang.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar