Senin, 01 April 2013

Jokowi: Tahun 80-an Singapura Juga Kumuh

Selain mencari penasihat untuk megaproyek Mass Rapid Transit (MRT), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) juga meninjau sejumlah taman kota di Singapura. Jokowi mengaku kepincut dengan perkembangan hutan kota di Negeri Singa itu.

"Dulu, tahun 70-80 an (Singapura) juga kumuh. Memulainya dari mana? Kita bukan berkeliling. Kita bertanya, mulainya dari mana. Tahu-tahu kok jadi negara hutan, negara taman," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (1/4/2013).

Orang nomor satu di Jakarta itu mengaku bahwa hal tersulit untuk menyamai Singapura adalah langkah awal untuk menghijaukan kota hingga tercapai banyaknya taman dan hutan kota.

"Karena itu kita menyiapkan lahan yang besar, kita siapkan lahan besar, sehingga orang yang dipindahkan besar. Setelah dipindah, nanti jelas arahnya mau dibangun taman kota atau hutan kota," terangnya.

Jika hanya memulai dengan jumlah kecil, kata Jokowi, tidak akan memberikan efek besar bagi penghijauan Ibu Kota. "Kalau bebasin tanah dibuat untuk rusun, setahun hanya buat empat atau enam, ya enggak ngefek. Buat 100, 200, itu baru efek," tandasnya.

Ke Depan Jokowi berencana menerapkan konsep dua taman kota di Singapura, Bhisan Park dan Ang Mo Kio Park di sejumlah rumah susun di Jakarta. Sebagai konsep percontohan, Jokowi akan menerapkan model kedua taman itu di kawasan Marunda.

Sumber :
jakarta.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar