Sabtu, 13 April 2013

Jokowi Siap-siap Sebar Spanduk Stop Buang Sampah di Kali

Bagi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), program budaya tertib dan bersih bakal sia-sia jika tidak didukung oleh perilaku warga Ibu Kota. Ia kini mengandalkan konsep model sosial.

"Sekarang modal sosial yang saya digunakan untuk mengubah (perilaku warga Jakarta) itu. Percuma mengubah budaya tertib, budaya bersih nggak ada artinya. Modal sosial yang saya mau lakukan," kata Jokowi ketika ditanya cara mengatasi perilaku warga yang membuang sampah sembarangan.

Hal ini disampaikan Jokowi kepada detikcom di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Jumat 12 April 2013.

Sekadar diketahui, konsep model sosial adalah bagian-bagian dari organisasi sosial seperti kepercayaan, norma dan jaringan yang dapat meningkatkan efisiensi masyarakat dengan memfasilitasi tindakan-tindakan yang terkoordinasi.

Jokowi akan menyiapkan spanduk-spanduk berisi larangan membuang sampah di kali dan selokan. Spanduk-spanduk itu segera disebar dalam waktu dekat ini.

"Kita ingin mau kuasai medan, selalu di kampung supaya medan dikuasai supaya masyarakat itu selalu diperhatikan. Percuma buat program tapi perilaku nggak mendukung," ujar pria asli Solo ini.

Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar