Senin, 04 Maret 2013

Jokowi Minta Revitalisasi, TIM Segera Berbenah

Setelah Jokowi menyatakan akan merevitalisasi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Arie Budhiman menyatakan siap berbenah. Revitalisasi itu akan difokuskan pada penguatan zona pendidikan dan mengembangkan zona pertunjukkannya.
Arie menjelaskan, rencana revitalisasi ini akan menyedot APBD sebesar Rp 469 miliar. Untuk tahap awal akan dikucurkan dana sebesar Rp 157 miliar.
"Nanti ditambah di APBD Perubahan. Konsepnya akan hijau dan terbuka, dimulai dari belakang, dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ)," kata Arie saat dihubungi wartawan, Senin (4/3/2013), di Jakarta.
Fasilitas parkir di sekitar TIM, termasuk IKJ, kata dia, akan ditata sedemikian rupa dengan membuat parkir bawah tanah. Hal itu dilakukan untuk menggeser kendaraan yang biasa parkir di halaman TIM, sehingga akan tercipta ruang terbuka yang lebih luas untuk sarana pertunjukan.
"Pusat dokumentasi sastra HB Jassin tidak dipindahkan, tapi kita akan buat gedung perpustakaan baru. Koleksi buku dipindahkan, ditambah sistem digitalisasi," ujarnya.
Rencana revitalisasi kawasan TIM ini digaungkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi mengatakan telah menyiapkan masterplan kawasan itu sejak dua bulan lalu. Rencananya, revitalisasi tersebut pun akan dilakukan mulai tahun ini.
Menurut Jokowi, faktor paling penting untuk membangun kawasan pendidikan adalah memperhatikan tata ruang. Tata ruang itu harus dapat mendukung kegiatan pendidikan demi menciptakan kaum terdidik.


Sumber :
http://megapolitan.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar