Jumat, 01 Februari 2013

Jokowi: Dipakai untuk Transportasi, Sungai Akan Bersih

Pemprov DKI Jakarta yakin rencana proyek angkutan air (waterway) yang akan diuji coba oleh Dinas Perhubungan DKI pada pertengahan Februari mendatang bakal berhasil. Kendala sampah dan kedangkalan air sungai tidak akan menjadi masalah berarti.
"Kalau dipakai untuk jalur transportasi, sungai itu akan bersih. Sungai itu mau tidak mau akan dipelihara. Mau tidak mau dikeruk. Pasti nanti larinya akan ke situ," tutur Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), di Balai Kota Jakarta, Jumat (1/2/2013).
Pada 2007, setelah uji coba waterway pertama kali, proyek tersebut tidak dilanjutkan. Kendala saat itu adalah banyaknya sampah di Kanal Banjir Barat (KBB) dan air sungai yang dangkal. Menurut Jokowi, untuk itulah angkutan air perlu diadakan. Sehingga endapan lumpur dan sampah secara otomatis akan terus dibersihkan dan dikeruk.
"Di negara mana pun, kalau ada sungai dipakai untuk transportasi air, pasti sungainya bersih, kedalaman selalu terjaga," jelasnya.
Disinggung mengenai anggaran, Jokowi mengatakan hal itu dan masalah teknis lainnya merupakan tanggung jawab Dinas Perhubungan yang akan mendalami. Yang jelas, lanjutnya, jalur angkutan air nantinya yaitu melintasi Duren Sawit-Marunda-Ancol-Muara Baru-Muara Angke.
Saat ditanya apakah dirinya akan ikut pada uji coba waterway, Jokowi menjawab sambil tertawa, "Yaaa mungkin. Mungkin ya, mungkin tidak," pungkasnya.

Sumber :
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar