Sabtu, 12 Januari 2013

Jokowi Blusukan ke Tanjung Priok

Dalam blusukannya akhir pekan ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk melihat kondisi pelabuhan Tanjung Priok.

Ia yang ditemani Wakil Menteri Perhubungan Bambang Sutantono, melihat kondisi dan aktivitas pelabuhan secara langsung dengan menggunakan kapal laut.

Seperti yang diketahui bahwa Tanjung Priok sangat penting bagi Jakarta. Dalam waktu dekat akan ada groundbreaking untuk terminal Kali Baru.

"Sehingga nantinya akan meningkatkan kapasitas logistik hingga lebih dari dua kali lipat," ujar Bambang usai memperlihatkan sebagian sisi pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta kepada Jokowi, Sabtu (12/1).

Apa yang disebut Bambang sebagai upaya modernisasi di Tanjung Priok ini, nantinya akan fokus pada empat hal.

Pertama, yaitu prasarananya. Lingkupnya bisa infrastruktur hingga rambu-rambu navigasi. Kedua, sarananya yang berupa kapal. "Kapalnya juga baru, kalau sekarang 3,500 TEU nantinya akan 5,000 TEU," kata Bambang.

Sementara yang ketiga dan keempat adalah sistem dan sumber daya manusia (SDM). Sistem yang dimaksud adalah koordinasi antarpelabuhan yang nantinya akan menghubungkan Tanjung Priok dengan pelabuhan Belawan (Medan), Tanjung Perak (Surabaya), dan Makassar (Makassar).
"Tiap-tiap pelabuhan akan tahu kapal apa yang akan masuk ke areanya," lanjut Bambang.

Untuk SDM sendiri akan dilakukan upgrade skill. Operator-operator yang ada, akan sangat mungkin mendapat pengetahuan baru terkait pengoperasian aktivitas di pelabuhan.

Sedangkan Jokowi mengatakan memang ada potensi yang bisa dikembangkan di pelabuhan Tanjung Priok. Namun ia menekankan adanya perhitungan yang jelas terhadap logistik yang keluar dan masuk ke pelabuhan.

"Bebannya perlu dihitung, terutama untuk transportasi ke pelabuhan. Harus jelas jalurnya dari mana agar tidak macet dan semuanya harus direncanakan," ujarnya.

Sumber :
metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar