Selasa, 18 November 2014

Redam Gelisah Para Nelayan, Jokowi Juga Andalkan Kartu Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan kartu nelayan yang dicanangkan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) sedang dalam proses pembuatan. "Soal kartu nelayan sedang kami bereskan," ujar Susi kepada Tempo di gedung Pertamina, Selasa (18/11/2014).
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Syarif Widjaja, mengatakan kartu nelayan tersebut akan dilengkapi dengan cash management seperti kartu ATM.
Jadi, akan ada uang yang dimasukkan ke dalam rekening tabungan nelayan sebanyak jumlah solar yang akan diisi pada kapalnya. Menurut Syarif, kartu tersebut juga akan dilengkapi dengan chip untuk melacak berapa banyak nelayan yang telah menggunakan solar untuk kapal mereka.
Adapun, kartu nelayan tersebut merupakan kartu yang diproyekskan untuk menangkal dampak kenaikan harga BBM bagi para nelayan kecil. Kartu Susi ini untuk memastikan bahwa subsidi BBM harus sampai ke tangan yang tepat dengan alokasi yang benar. Kartu ini juga akan membantu pemerintah untuk mengetahui hasil tangkapan ikan nelayan. Sehingga, pemerintah dapat mengetahui seberapa jauh jarak yang ditempuh dan seberapa banyak solar yang digunakan.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar