Minggu, 24 November 2013

Lelang Jabatan Kepsek, Jokowi: Biar Nggak Ada Koncoisme Lagi

Proses awal lelang jabatan kepala sekolah akan dimulai pada Senin (25/11/2013) besok. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sengaja membuat seleksi ini agar semua serba transparan dan tak ada lagi faktor subjektivitas.
"Semua promosi terbuka ini biar transparan, biar terbuka, hasilnya bisa dilihat. Kualitas-kualitas sekolah juga kita harapkan meningkat bukan karena kedekatan, bukan karena suka atau tidak suka, bukan karena like or dislike, bukan karena koncoisme, bukan karena kepentingan yang lain," kata Jokowi di masjid DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2013).
Ia mengatakan, transparansi ini akan membuat masyarakat mengetahui kualitas seorang kepala sekolah dengan jelas. Dengan begitu, masyarakat dapat menerima penempatan seorang calon kepala sekolah nantinya.
"Kalau tanpa sebuah seleksi dan promosi terbuka, siapa tahu dia siapa, dia siapa, dia siapa, dia siapa? Kenapa ditaruh di situ, di situ, di situ?" kata Jokowi.
Pembukaan proses seleksi jabatan kepala sekolah ini akan dilakukan melalui media massa pada hari Senin (25/11/2013). Selanjutnya pendaftaran akan dilakukan secara online di website http://jakgov.jakarta.go.id sejak 26 November 2013 sampai dengan 2 Desember 2013.
Setelah dinyatakan lolos seleksi online, peserta lelang akan mengikuti sejumlah tes mulai tanggal 7 hingga 31 Desember 2013.
Setelah lolos seleksi pendaftaran secara online, pada 7-8 Desember 2013, peserta akan mengikuti seleksi bidang atau akademik. Kemudian pada 13-31 Desember 2013, peserta yang telah lolos dua seleksi sebelumnya akan menjalankan tes psikologi.
Setidaknya 117 jabatan kepala SMA Negeri dan 63 kepala SMA akan dilelang. Semua kepala sekolah yang saat ini diwajibkan untuk ikut seleksi. Selain itu, yang boleh mengikuti calon kepala sekolah yang sudah memiliki sertifikat dan telah mengikuti Diklat, serta guru yang memenuhi persyaratan.
Lalu apakah kepala sekolah baru nanti akan lebih baik dari yang ada saat ini?
"Iyalah. Kan melalui seleksi," jawabnya tegas.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar