Selasa, 05 November 2013

Jokowi akan Sebar 40 Ribu Bibit Pohon Buah ke Seluruh Jakarta

Setelah mengunjungi monyet-monyet hasil razia topeng monyet, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kebun bibit Ragunan. Di sana terdapat 40 ribu bibit pohon yang siap ditanam di seluruh wilayah DKI.
"Ini ada 40 ribuan (bibit) siap keluar. Yang mengelola Dinas Kelautan dan Pertanian. Ini ada Bu Kadisnya," ujar Jokowi di Kebun Bibit Ragunan, Jalan Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2013).
Mulai akhir November ini, Jokowi akan menanam 40 ribu pohon buah berbagai jenis. Warga boleh menikmati buah-buah itu tanpa perlu membelinya alias cuma-cuma.
"Warga boleh petik sesukanya. Ada mangga, jambu, rambutan, dan sebagainya," ujar Jokowi.
Jokowi mengatakan, 40 ribu pohon buah itu akan dibagi ke lima kota administrasi di Jakarta sesuai dengan kecocokan tanaman dengan kondisi tanah di masing-masing wilayah. Jakarta Timur akan ditanami durian dan rambutan, Jakarta Selatan ditanami rambutan, jambu air untuk Jakarta Pusat, mangga di Jakarta Utara, dan Jakarta Barat akan ditanami mangga dan rambutan.
Jokowi sengaja menanam pohon berbuah di akhir tahun karena curah hujan meningkat sehingga ketersediaan air sebagai makanan tanaman menjadi cukup.
"Di suatu kota itu harus ada estetikanya, harus ada penghijauan dan harus dilihat produktivitasnya. Nanti pasti kelihatan," kata Jokowi.
Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan DKI Ipih Ruyani menyatakan siap mengadakan puluhan ribu pohon tersebut. Ia menyebutkan, saat ini telah tersedia jumlah bibit pohon lebih dari jumlah tersebut. Rencananya, pohon-pohon buah tersebut akan ditempatkan di dua lokasi. Selain ada yang dikumpulkan di sebuah lahan khusus, ada pula yang ditanam di tepi jalan. Tanaman berbuah yang di tepi jalan bisa sekaligus berfungsi sebagai tanaman peneduh untuk para pejalan kaki.
"Di lahan khusus itu ada yang di Rusun Marunda. Pak Gubernur juga minta ditanam di Waduk Pluit. Kita akan koordinasi dengan pemegang desain wilayah-wilayah itu supaya sinkron," ujarnya.

Sumber :
- detik.com
- kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar