Jumat, 11 Januari 2013

Uji Coba Jalan Baru, Begini Komentar Jokowi

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo melakukan uji coba jalan layang non tol (JLNT) Antasari-Blok M, Kamis (10/1). Jokowi yang menggunakan mobil dinasnya beserta rombongan memulai uji coba jalan sepanjang 4,8 kilometer itu dari arah Blok M menuju Cipete dan kembali lagi menuju Blok M.

"Ada beberapa bidang yang masih harus diselesaikan. Tapi tidak masalah, tadi kan sudah kita coba," ujar Jokowi seusai mencoba JLNT Antasari-Blok M.

Dikatakan Jokowi, dengan selesainya masalah pembebasan lahan di kawasa Cipete, dirinya berharap pembangunan ramp on (tanjakan) di depan Pasar Inpres Cipete bisa segera dikerjakan.

Saat ini, kata Jokowi, rasio jalan di ibu kota baru mencapai 6,2 persen. Padahal, idealnya rasio jalan mencapai 12 persen dari luas Jakarta. Sehingga selain memperbaiki transportasi masal, penambahan jalan juga akan terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Karena untuk mengurai kemacetan, keduanya harus dilakukan beriingan.

"Tambahan jalan ini harus diteruskan tetapi sisi transportasi masalnya juga disiapkan. Jadi, berjalan beriringan. Tambah lagi nanti kebijakan ganjil genap, ERP (electronic road pricing), pajak parkir tinggi di kawasan tertentu," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo menuturkan, untuk tahap awal, baru arah ke selatan atau Blok M-Antasari saja yang akan di buka untuk kendaraan umum. Pihaknya, kata Ery, juga akan mengatur traffic-nya terlebih dahulu. "Blok M arah Cipete sudah bisa. Tapi nanti Dishub akan mengatur traffic-nya lebih matang," kata Ery.

Sementara untuk arah utara atau Antasari-Blok M, diperkirakan beroperasi pada Maret mendatang. Beberapa sarana pendukung seperti rambu-rambu lalu lintas dan listrik akan dikebut pekerjaannya.

Ia juga mengaku telah menanam pohon pengganti sebagai kompensasi pohon yang ditebang akibat proyek pengerjaan JLNT ini. Penanaman pohon dilakukan di beberapa lokasi seperti di Kanal Banjir Timur (KBT). Pohon-pohon pengganti juga akan ditanam kembali di lokasi semula.

Dalam uji coba itu, Jokowi yang didampingi Ery Basworo dan Walikota Jakarta Selatan, Anas Efendi menyusuri ruas JLNT dari Blok M menuju Cipete dengan menggunakan mobil. Sesampainya di Cipete, rombongan memutar arah kembali menuju arah Blok M melalui Jl Antasari yang berada di bawah JLNT. Rombongan juga sempat berhenti beberapa saat di depan Kantor Walikota Jakarta Selatan untuk melihat langsung proyek JLNT tersebut.

Sumber :
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar