Minggu, 14 Desember 2014

Jokowi Dialog dengan Petani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau lokasi longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jokowi sudah mendarat di Cilacap tapi untuk sampai ke lokasi longsor Jokowi harus menempuh jalan darat selama satu jam.
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto yang ikut rombongan mengatakan Jokowi menumpang mobil Toyota Jeep untuk sampai ke lokasi longsor.
"Presiden bermobil ke wilayah longsor di Banjarnegara, kurang lebih satu jam dari Cilacap," kata Andi pada Tempo, Minggu (14/12/2014).
Andi mengatakan yang ikut dalam rombongan dengan menempuh jalan darat adalah ibu negara Iriana Widodo dan dia sendiri. Pagi tadi, Jokowi mengatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Sosial sudah tiba di lokasi longsor. Rencananya Jokowi akan meninjau lokasi longsor dan tempat pengungsian.
Pencarian dan penyelamatan korban longsor di Dusun Jemblung,Desa Sampang,Kecamatan Karangkobar,Kabupaten Banjarnegara terus dilakukan oleh tim gabungan. Hingga Minggu, jam 06.30 WIB, jumlah korban 20 orang tewas, 11 luka berat, 4 luka ringan dan 88 orang masih dalam pencarian.
Dari 20 orang tewas, 16 sudah teridentifikasi dan 4 orang belum dapat diidentifikasi. Korban tewas tidak semuanya warga Kecamatan Karangkobar, tetapi juga ada 5 orang warga Kecamatan Pejawaran.
Di tengah perjalanan, dari Cilacap ke Banjarnegara, saat melewati sawah, mendadak Jokowi turun dari mobil untuk berdialog dengan para petani yang sedang membajak sawah.
"Presiden bermobil ke wilayah longsor. Di perjalanan, mendadak berhenti untuk ngobrol dengan petani yang mulai musim tanam," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto yang ikut rombongan, Minggu (14/12/2014).
Tanpa dikawal, Jokowi langsung turun kemudian berjalan kaki ke hamparan sawah, menghampiri beberapa petani yang sedang membajak sawah atau menanam padi. Jokowi sesekali jongkok di atas pematang sawah untuk berbincang dengan para petani. Para petani langsung mengerubuti sang Presiden.
Andi mengatakan dialog dengan para petani berkisar soal irigasi, pupuk, dan benih. "Presiden bertanya pada para petani Banjar mengenai air irigasi, pupuk, benih, serta industri kecil pembuatan bata," kata Andi. Setelah berdialog, Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi longsor.
Jokowi pagi ini terbang menuju Banjarnegara untuk meninjau lokasi lonsgor. Ia menuju Banjarnegara dari Bandara Halim Perdanakusuma. Jokowi didampingi oleh Iriana Widodo dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.
Pencarian dan penyelamatan korban longsor di Kabupaten Banjarnegara terus dilakukan oleh tim gabungan. Hingga Ahad, jam 06.30 WIB, jumlah korban 20 orang tewas, 11 luka berat, 4 luka ringan, dan 88 orang masih dalam pencarian. Dari 20 orang tewas, 16 sudah teridentifikasi dan 4 orang belum dapat diidentifikasi. Korban tewas tidak semuanya warga Kecamatan Karangkobar, tetapi juga ada 5 orang warga Kecamatan Pejawaran.   [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar