Jumat, 27 September 2013

Waduk Tomang, Jokowi Datang

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kaget melihat kondisi Waduk Tomang. Waduk yang penuh dengan eceng gondok dan pendangkalan hingga lebih dari lima meter adalah bukti minimnya perawatan jajaran Pemkot Jakarta Barat.
"Ini memang tidak terawat," ujar Jokowi di Waduk Tomang, Jakarta Barat, Jumat (27/9/2013).
Hampir seluruh permukaan waduk dipenuhi tanaman enceng gondok. Saat ini tengah berlangsung pembersihan tanaman hijau tersebut. Jokowi mengatakan, mulai pekan depan pengerjaan pembersihan dan pengerukan mulai intens dilaksanakan.
"Idealnya ini dalamnya 7 hingga 10 meter. Kalau sekarang cuma 2,5 meter," kata Jokowi.
"Jadi mulai minggu depan ini dibersihkan, didalamkan, dikeruk, agar fungsi sebagai daerah tangkapan air. Sehingga manajemen air kalau pas banjir bisa dilakukan," tambah Jokowi.
Kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga menambahkan, meski dinormalisasi, namun Waduk Toman tidak akan dibuat seperti Waduk Pluit dan Ria Rio yang dilengkapi dengan taman kotanya.
"Ndak (taman kota) mungkin. Ini hanya satu aja, sebagai daerah resapan," kata Jokowi.
Usai meninjau waduk, Jokowi juga menyempatkan diri meninjau ruang pompa air. Di ruang tersebut ada 4 unit pompa, namun 1 rusak.
"Pasti ada yang rusak. Pokoknya nanti dikejar, diperbaiki, dipastikan sebelum musim huja pompanya sudah selesai," kata Jokowi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar