Jumat, 27 September 2013

Masalah Waduk Tomang Mudah

Pekerjaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam menata Waduk Tomang Barat, Grogol Jakarta Barat, tidak akan seberat penataan Waduk Pluit ataupun Waduk Ria Rio. Di waduk seluas 7 hektar itu, Jokowi hanya menormalisasi waduk dan tidak memindahkan warga.
"Ndak, ndak, ini hanya dinormalisasi waduknya saja. Wong rumahnya sudah pada permanen gitu kok," ujar Jokowi saat meninjau waduk tersebut, Jumat (27/9/2013).
Jokowi mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum hanya bertugas membersihkan eceng gondok yang memenuhi sebagian besar permukaan waduk tersebut. Dinas PU juga akan mengeruk dasar waduk yang telah puluhan tahun tak pernah disentuh itu.
Jokowi mejelaskan, saat ini waduk yang berada di tengah-tengah permukiman tersebut memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Rencananya, melalui pengerukan, kedalaman akan ditingkatkan jadi 7 meter sehingga dapat menampung banyak air dan dapat menanggulangi banjir di sekelilingnya.
"November besok kita mulai pengerukan. Mudah-mudahan selesai tahun 2014 mendatang. Pokoknya kita kebut-kebutan sama musim hujan," ujar dia.
Dalam tinjauannya ke waduk tersebut, Jokowi menemukan satu dari delapan pompa air di waduk tersebut dalam keadaan rusak. Jokowi menginstruksikan kepada Dinas PU untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam sepekan.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar