Kamis, 11 Juli 2013

Sutan Bhatoegana: Demokrat Tak Undang Jokowi Ikut Konvensi Capres

Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana mengatakan, partainya tak mengundang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti konvensi calon presiden yang akan diadakan Demokrat. Alasannya, kata Sutan, Demokrat menghormati PDI Perjuangan sebagai partai yang "membesarkan" Jokowi. 
Sutan menegaskan, tak hanya Jokowi, kader-kader dari partai lain juga tak akan diundang untuk mengikuti konvensi. Komite Konvensi akan menjaring figur potensial dari internal Partai Demokrat atau figur non partai.
"Tidak akan diundang. Jokowi kader partai lain, biarlah Jokowi untuk PDI-P. Partai lain tidak akan diundang, kami tidak akan menyakiti konstituennya," kata Sutan, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (11/7/2013).
Meski tak mengundang figur dari partai lain, Ketua Komisi VII DPR RI ini yakin, Komite Konvensi mampu menjaring figur potensial. Salah satu upayanya adalah dengan menggaet televisi swasta untuk sosialisasi.
"Untuk biaya konvensi, membayar lembaga survei, dialog di televisi, itu dari Partai Demokrat. Untuk sosialisasi kandidat, ya biaya kandidat sendiri," ujarnya.
Konvensi merupakan strategi Partai Demokrat untuk menjaring figur yang akan diusung sebagai calon presiden. Ada tujuh aturan pokok yang mengatur konvensi yang digelar semi terbuka ini. Kendali konvensi sepenuhnya dijalankan oleh tujuh anggota komite yang didominasi tokoh independen dan bertanggungjawab langsung kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat.
Saat ini, mekanisme konvensi masih dibahas dan Komite Konvensi ditargetkan terbentuk di akhir Juli atau awal Agustus 2013. 


Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar