Selasa, 09 Juli 2013

SBY Disarankan Undang Ketum Parpol dan Jokowi untuk Ikut Konvensi PD

Partai Demokrat akan menggelar konvensi untuk menjaring capres pemilu 2014. Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono disarankan untuk mengundang semua ketum parpol untuk ikut dalam konvensi.
"SBY bisa mengirimkan undangan terbuka ke seluruh ketua partai untuk ikut konvensi," ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina Rico Marbun, Selasa (7/9/2013).
Dengan mengundang para ketum parpol, akan menjadi peluang bagi PD untuk menjalin 'koalisi dini' dengan tokoh partai lain yang cukup kuat. Atau SBY bisa mengumumkan bahwa semua tokoh parpol bisa otomatis terlibat dalam konvensi PD.
"Ini baru seru. Sekaligus lebih menggambarkan miniatur dinamika politik yang riil," ungkapnya.
Menurut Rico, seru atau tidaknya konvensi akan sangat tergantung dari calon yang mendaftar. Tujuan konvensi bagi PD saat ini bukan hanya jaring capres tapi untuk jaring elektabilitas partai.
"Semakin banyak tokoh di luar partai Demokrat yang ikut, semakin tinggi peluang peningkatan elektabilitas. SBY harus berusaha menarik tokoh-tokoh di luar kader dan orang-orang yang diidentifikasi di luar Demokrat untuk gabung," paparnya.
Konvensi PD harus bisa menjaring banyak tokoh diluar PD. Jika tokoh yang bertarung sedikit, lanjut Rico, atau orang yang dianggap kader atau orang dekat dengan PD saja, konvensi akan kehilangan 'magnet'nya.
" Ketimbang melalui survei lebih baik PD membuka mekanisme pemilihan langsung secara aktif, seperti polling langsung untuk berbagai lomba idol. Ini lebih bisa memberi jaminan bagi calon peserta non demokrat. Model konvensi di Amerika bisa menjadi aspirasi konvensi demokrat," jelasnya.
PD juga bisa mengundang Jokowi dalam konvensi, namun bukan sebagai tokoh PDIP, tapi sebagai individu yang merupakan capres potensial. Menurut Rico, PDIP sejauh ini masih ingin Puan Maharani yang maju menjadi capres atau cawapres.
"Supaya Jokowi tidak terbebani, dia dimasukkan dalam kategori individu saja," tandasnya.


Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar