Kamis, 07 Februari 2013

Jokowi setujui jalur baru monorel lima BUMN

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan setuju terhadap empat jalur baru monorel yang diajukan oleh lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Saya setuju dan terbuka terhadap usulan apapun yang berkaitan dengan monorel. Kami mendukung dan siap membantu jika proyek ini dilaksanakan," kata Jokowi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis.

Jokowi mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memberikan kemudahan terkait pelaksanaan proyek monorel, sehingga pembangunannya berlangsung cepat dan lancar.

"Kemudahan yang banyak diajukan itu, diantaranya kemudahan perizinan, penggunaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk halte, serta pergeseran halte busway yang akan dilewati tiang monorel," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Pemprov DKI akan memasukkan proyek pembangunan monorel tersebut ke dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah ditetapkan.

Sementara itu, terkait besaran tarif yang akan dikenakan kepada penumpang monorel, Jokowi mengaku tidak akan turut campur.

"Mengenai tarif, saya tidak akan mencampuri. Lagipula, proyek monorel tersebut juga tidak mengajukan subsidi dari Pemprov DKI Jakarta," ungkap Jokowi.

Sebagai informasi, keempat jalur yang diajukan itu, antara lain Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,1 kilometer, Cibubur-Cawang 13,7 kilometer, Cawang-Kuningan 11, 6 kilometer dan Kuningan-Palmerah 8,5 kilometer.

Sedangkan kelima BUMN tersebut, terdiri dari PT Adhi Karya, PT Jasa Marga, PT Inka, PT Telkom, dan Lembaga Elektronik Negara (LEN).



Sumber :
http://www.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar