Kamis, 24 Januari 2013

Jokowi: “Kalo Ketemu Saya, Urusan Kecil ini Pasti Rampung..”

Pak Adi Putra, warga Penjaringan, Jakarta Utara, mengadu pada Jokowi. Sambil memegang beberapa lembar ketas, ia mengaku tak mampu lagi untuk membayar tagihan yang diberikan Rumah Sakit (RS) Pluit, Jakarta Utara.
Saya tidak mampu bayar lagi, Pak,” ujar pak Adi.
Jumlahnya berapa pak?” tanya Aviani Malik, Presenter Metro TV.
Limapuluh juta lebih…
Kalo ketemu saya, pasti cepat selesai. Ini urusan kecil rampung,” kata Jokowi.
Itulah sekelumit suasana yang terjadi di tayangan 100 Hari Jokowi-Ahok yang disiarkan Metro TV semalam ini. Berbeda dengan dua stasiun televisi yang lebih dulu menayangkan program 100 hari kepemimpinan Jokowi-Ahok (tvOne dan RCTI), konsep program 100 Hari Jokowi-Ahok yang disuguhkan Metro TV mengedapankan dialog Gubernur DKI Jakarta langsung dengan rakyat.
Selain memberikan kesempatan pada warga di lokasi shooting, Metro TV mencoba membuat polling kecil-kecilan tentang kinerja Jokowi-Ahok selama 100 hari. Ada beberapa pertanyaan yang dijawab oleh warga secara langsung via polling, mulai dari masalah banjir, transportasi, grand design, dan juga kesehatan. Bertepatan saat pembahasan tentang kesehatan ini, pak Adi Putra mengadu dan aduannya ditanggapi positif oleh Jokowi.
Barangkali pak Jokowi mau bikin oret-oretan di sini,” usul Indra Maulana, berharap Jokowi memberikan jaminan dengan memberikan tandatangan surat tagihan dari pihak RS pada pak Adi yang tidak mampu bayar itu.
Nyatanya, usulan Indra langsung disambut Jokowi. Sang Gubernur langsung meminta pak Adi Putra supaya mendekat dan menyerahkan surat tagihan. Surat tagihan rumah sakit itu pun ditandatangani Jokowi. Boleh jadi Metro TV sangat beruntung mendapatkan momentum penandatangani jaminan kesehatan dari Jokowi ke warga ini, dimana beberapa kali Indra dan Avi mengatakan pada pemirsa kalau peristiwa ini tidak direkayasa.
Nanti langsung ke Dinas Kesehatan. Gratis!” ucap Jokowi pada pak Adi.
Ucapan Jokowi langsung disambut tepuk tangan warga Penjaringan. Oleh warga, raport kepemimpinan Jokowi-Ahok selama 100 hari ini dinilai berwarna biru. Meski dalam polling dadakan, ada beberapa warga yang menyatakan diri tidak puas. Namun, dari sejumlah Twit yang penulis baca, mayoritas menilai kepemimpinan Jokowi dianggap jauh lebih baik dari beberapa Gubernur DKI Jakarta sebelumnya.
Selain raport Jokowi-Ahok, sepertinya Metro TV juga mendapat raport biru dalam hal penayangan 100 Hari Jokowi-Ahok. Memang tidak bisa dikatakan luar biasa, tetapi dianggap masih lebih baik dari stasiun televisi sebelumnya yang juga sempat menayangkan program sejenis, terutama dalam hal cara menginterview Jokowi. Ya, setidaknya tidak didamprat sebagaimana sebelumnya terjadi pada tvOne. Ini terlihat dari sejumlah twit yang penulis kumpulkan berikut ini:
@jokoanwar: Good job, MetroTV buat 100 Hari Jokowi-Ahok. Bad aftertaste liputan TV yang satu lagi jadi nggak gitu kerasa lagi.”
@fseptiani @Metro_TV keren liputan 100 hari jokowi-ahoknya…
@janes_cs salut pd reporter2 metroTV cara interviewnya netral, bhs sopan n spontan dlm menggali jawaban
@azroy_Liputan 100 hari JoHok MetroTV, Asli, berkelas dan berkualitas
@anggaeins:  Ini program 100hari Jokowi MetroTV 1000% lebih bagus dari buatan tipiwan…
@dlzstwn salam sm.muhammad rizki..suruh ntn metrotv skrng yh..@akimalam_tvone biar ngerti gmn caranya interview
@yoiyoa Jurnalis tvone, lg rame2 nonton metrotv nih, biar gak disikat sama fans nya jokowi lagi. :)
@IrwanMF: Memang @metroTV lebih hebat beda kualiats sama —- > @tvOneNews @muhammad_Rizq
@herDjanto @muhammad_Rizq mestinya belajar dr mb @AviMalik #metrotv
@rasjawa Jujur, saya lebih suka gaya pewawancarai MetroTV yg mewawancarai Jokowi & Ahok. Mereka gak sok pintar
@indronesia_: Nah..anchor sing sopan menghargai dan respect iku sing koyok ndk metro tv iki, gak koyok sing ndk tv one wingi.
@mfahmia2705: cara Metro TV mengemas 100 hari Jokowi layak diacungi jempol, memang menggiring opini publik, tapi caranya elegan dan mmg ada bukti ;-)
@r0nalw: Sekali ini konsep acara @Metro_TV 100hari @jowoki_do@ keren abis, @AviMalik pun intvw tdk kyk host sebelah, lebih cerdas tdk menghakimi
@ghifari_husnul mantep banget ngeliat 100 hari jokowi @Metro_TV semoga menjadi tetap yang terbaik
@RendiAdiK Liat metro tv wawancara jokowi and ahok gak berasa ampe habis..pas nonton acara yg sama! Di tipi Wan!..baru sebentar lgsng ganti channel!
@FerryMaitimu: Enakkan wawancara @Metro_TV dengan Pak Jokowi malam ini, dari pada wawancara dengan TV yang sebelah itu…
@wish_inu Dialog @jokowi_do2 dgn pihak @metro_tv ini enak disimak, santai dan berisi. Gak kayak kmrn yg bikin emosi aja.
@zenrs Metro menang telak nih soal program acara 100 Hari Jokowi. TipiWan kalah TKO.
@RezaRef Metro TV mencuri perhatian malam ini dgn Jokowi-nya. TV One lewat. Si merah bahkan ga lebih bagus dari Jak TV
@ulieherdian: Suka deh liat wawancara pak jokowi di metro, sisi humanisnya keluar banget, apa adanya, tp jelas n tegas..mudah2an amanah ya pak..amiin !
@grace_lovelyria Metro TV tdk menyerang Jokowi tp mengorek janji2 Jokowi agr mereka menagih janji2 Jokowi. Syukur Jokowi orgnya cerdas ia mampu memilah jwban
@oni_pt Tayangan 100 hari Jokowi Ahok di Metro jauh lebih cerdas dan mendidik dari pada di TV One
@uttha: Pilihan wawancara Jokowi sama Metro TV lebih bersahabat, ga kaya kemarin TV One ngececar, mancing urat.
@sidjabatisme Mantap @Metro_TV nih 100 hari pak @jokowi_do2 nya luar biasa, ada yg langsung di teken biaya 50jt RSnya LUNAS. TVone mah cengceremen
@hadhadining TV OON kalah telak nih. di Metro Jokowi lebih happy dan santai
@mfahmia2705: Metro TV tdk menyerang Jokowi,namun memancing jawaban,shg khalayak tahu solusi (+janji) yg ditawarkan Jokowi.ke depannya,tagih janjinya! :-)
@frenly74 Beda banget wwcr Jokowi di metro sama tv1 kmrn,beda kasta beda adab
@FahleismeReza: Metro tv sukses bikin diskusi berisi jadi keliatan santai, ga kayak tv sebelah, sok serius tapi kosong. :)) #Jokowi”
@ichbin_silvia: 100 hari Jokowi di Metro TV ini menarik!! Nggak njelehi kayak TV sebelah :p”
@paalll: I like the way Metro TV show the real stage of 100 Hari Jokowi Ahok. Smart, direct, objective, smooth. And Jokowi? solutif tegas cekatan. :)
@achasya 100 hari jokowi-ahok di metro tv kayanya lebih bagus drpd yg di tv one !! How does it feels tv one ?
@dpih Metro TV lebih cerdas wawancara 100hari Jokowi-Ahok drpd TvOne, yah setidaknya lebih bermutu pertanyaannya

Sumber :
kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar