Sabtu, 27 Desember 2014

Presiden Jokowi Bertolak ke Tanah Papua

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja selama tiga hari ke Provinsi Papua dan Papua Barat. Jokowi dan rombongan dijadwalkan bertolak ke Papua menggunakan pesawat Kepresidenan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (27/12/2014) pukul 07:30 WIB.
Lawatannya kali ini, Jokowi didampingi sejumlah menteri dari Kabinet Kerja. Salah satunya adalah Menteri Perdagangan Rahmat Robel dan Seskab Andi Widjajanto.
Selain itu sejumlah relawan Jokowi, Sihol Manulang, Mistar Bona Ventura dan Budi ‎Arie 'Projo' Setiadi juga tampak ikut serta. Termasuk Ibu Negara Iriana dan dua anak Jokowi Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.
Pesawat kepresidenan lepas landas di tengah guyuran hujan deras yang terus menerpa kawasan ini. Memang sejak subuh tadi, awan mendung seperti enggan menjauh dari ‎langit Jakarta.
Menurut Agenda, kota pertama yang akan dikunjungi Jokowi adalah Jayapura. Di sana, Jokowi akan menghadiri perayaan Natal Nasional 2014 yang rencananya berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura.
Keesokan harinya, Jokowi akan mengunjungi Kabupaten Jayawijaya di Wamena. Setelah itu, Jokowi mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Sorong, Papua Barat pada Senin, 29 Desember 2014.
Sekretaris Daerah Papua Heri Dosinaen mengatakan, sejumlah menteri sudah melakukan rapat koordinasi dengan unsur pimpinan di Papua terkait dengan kedatangan Jokowi. Menurut Heri, selain Jokowi dan anggota kabinetnya, ada 400 ribu undangan yang akan hadir di acara Natal Nasional 2014 Stadion Mandala Jayapura.
Selain itu, kata Heri, Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat di Kampus Universitas Cenderawasih, setelah itu dijadwalkan melakukan pertemuan dengan relawan di Gedung Olahraga Waringin Kotaraja. Di Jayapura, Jokowi akan mengunjungi proyek pembangunan Jembatan Holtekamp dan beberapa pasar tradisional.
Tak seperti kunjungan pejabat pada umumnya, warga Papua, khususnya di Wamena, tak menyambut Jokowi dengan ritual adat bakar batu. Ketua Barisan Relawan Jokowi for Presiden di Papua, Yakoba Lokbere, upacara bakar batu ditiadakan karena kegiatan Jokowi yang cukup padat. Selain itu, "Cuaca kini cepat berubah, terutama di wilayah pegunungan Papua," katanya.
Ritual bakar batu adalah pesta untuk menggambarkan rasa syukur, damai, dan penyambutan tamu agung. Dalam acara ini, penduduk setempat akan memasak beragam makanan dengan cara unik, yakni menimbunnya dengan batu yang dibakar hingga panas. Prosesi bakar batu biasanya dilakukan dalamb beberapa tahap yakni persiapan, membakar bahan makanan berupa umbi-umbian dan daging, serta makan bersama.
Meski tak ada pesta bakar batu, Yakoba berharap kedatangan Jokowi dapat disambut dengan kegembiraan. Apalagi, kata dia, kemenangan Jokowi menjadi presiden didukung oleh barisan relawan dan masyarakat Papua secara keseluruhan.
Pangdam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal Fransen G Siahaan, mengatakan sebanyak dua Batalyon dikerahkan untuk pengamanan kedatangan Presiden merayakan Natal sekaligus kunjungan kerja di Papua.
"Untuk pengamanan, kami kerahkan kekuatan dari Batalyon Infantri 751 Sentani dan 756 Wamena. Itu untuk pengamanan terbuka sedangkan tertutup juga melibatkan ratusan personel," ujarnya hari ini.
Fransen menambahkan untuk pengamanan juga akan melibatkan ribuan personel polisi.
"Mereka berada di ring dua dan tiga, terutama pengamanan lalu lintas jalan yang akan dilewati Presiden," kata dia.
Pangdam mengakui ada beberapa area yang dianggap rawan gangguan yang bakal disambangi Jokowi, namun titik itu sudah disterilisasi.
"Titik rawan itu di Wamena, kota yang akan dikunjungi Presiden di hari kedua sebelum bertolak ke Sorong dan Jakarta," ucapnya.
Presiden merayakan Natal di Papua didampingi 11 Menteri dan para duta besar negara sahabat. Sebelum merayakan Natal di Stadion Mandala Jayapura, Presiden akan lebih dulu meninjau beberapa lokasi di Jayapura.

Tatap muka relawan
Presiden diperkirakan akan mendarat di Papua pada Sabtu, 27 Desember 2014, sekitar pukul 14:25 WIT. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menuju Pasar Praha Sentani untuk peletakan batu pertama pembangunan Pasar Mama-Mama Papua dan Rumah Pintar.
Selanjutnya, pukul 15:30 WIT Presiden akan menuju GOR Waringin untuk beratap muka dengan Relawan Jokowi di Papua. Satu jam kemudian, Presiden menuju Skyline guna meninjau jembatan Holtekamp yang akan dibangun untuk mengurai kemacetan di Jayapura.
Selesai meninjau Skyline, Presiden akan menuju hotel untuk beristirahat dan pukul 19:30 WIT akan menghadiri perayaan Natal di Stadion Mandala.
Keesokan harinya, Presiden akan terbang ke Wamena. Di sana, Presiden diperkirakan akan berada sekitar 3 jam sebelum kemudian kembali ke Sentani Jayapura, untuk melanjutkan perjalanan ke Sorong Papua Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar