Minggu, 07 Desember 2014

Jokowi Tinjau Pelabuhan Tanjung Apiapi

Usai meninjau kompleks olah raga Jakabaring, dengan menggunakan mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan yang didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, meninjau Pelabuhan Tanjung Apiapi di Musi Banyuasin yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Palembang, Minggu (7/12/2014).
Melihat keadaan pelabuhan, Jokowi optimistis pembangunan kawasan terpadu Tanjung Apiapi dapat terlaksana sesuai rencana untuk merealsiasikan keberadaan tol laut. Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam komentar singkatnya. Jokowi mengatakan Kawasan Terpadu Tanjung Apiapi yang nantinya akan terdiri dari pelabuhan penumpang, pelabuhan barang, kawasan industri. Selain itu, kawasan ini akan dilengkapi dengan rel kereta api dan jalur transportasi jalan.
"Bisa masuk nanti, tadi kita lihat permasalahannya apa. Kalau anggaran tidak menjadi masalah, tinggal masalah teknisnya," kata Jokowi.
Lebih jauh, Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan membantu kebutuhan anggaran sekitar Rp 500 miliar lebih dalam tiga tahun untuk pembangunan pelabuhan. Dana pembanguan itu akan disalurkan lewat anggaran baru di mana subsidi BBM telah dikurangi Jokowi untuk ke pembangunan infrastruktur.
"Dengan mendatangi lapangan, kita juga evaluasi," kata Jokowi.
Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam paparannya menjelaskan kawasan seluas lebih dari 1.000 hektarare itu dengan total biaya pembangunan seluruhnya Rp104 triliun dapat selesai pada 2018.Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan membantu kebutuhan anggaran sekitar Rp500 miliar lebih dalam tiga tahun mendatang.
Usai melakukan peninjauan, Presiden dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas kembali ke Palembang dengan menggunakan helikopter Puma TNI Angkatan Udara. Sebelumnya dari Palembang menggunakan mobil menempuh jarak 70 km selama dua jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar