Minggu, 28 September 2014

Pemerintahan Rawan Gempa

Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menilai pemerintahan Jokowi-JK  rawan ‘terganggu’ akibat kalah jumlah di parlemen dengan  Koalisi Merah Putih. Sementara,  beberapa undang-undang yang digeber  yang  disahkan DPR  itu tidak menguntungkan Kabinet Jokowi-JK.
“Peristiwa politik ini harus jadi warning bagi Jokowi-JK. Kalah di MD3 dan RUU Pilkada, bisa saja nanti kebijakan Jokowi-JK nggak berjalan kalau pendukung mereka tidak mencapai 50 persen,” ujar Karyono dalam diskusi ‘Membawa Arah kabinet Jokowi-JK, Kabinet Trisaksi atau Transaksi?” di Cikini, Jakarta, Minggu (28/9/2014).
Karyono mengatakan ada beberapa undang-undang yang seakan mengerjai pemerintahan Jokowi-JK mendatang. “Bisa saja ada Undang Undang atau RUU yang digolkan yang tujuannya kerjain Jokowi-JK. Kalau ada voting kekuatan kurang 50 persen bakal mengalami banyak kekalahan,” katanya.
Jokowi, lanjut Karyono,   berharap bisa menciptakan pemerintahan trisakti, akan mengalami sejumlah dilema dalam menjalani pemerintahannya nanti.
“Adanya dilema dalam interest group, yaitu kepentingan partai dan bisnis pemodal. Kemudian melihat political reality, di mana sampai detik ini, dukungan politik di parlemen Jokowi-JK masih lemah karenanya menimbulkan budaya politik transaksional. Dan, UUD 45 hasil amandemen juga sulit mewujudkan ajaran trisakti, banyak aturan yang bertabrakan dengan UUD dan ajaran trisakti,” paparnya.
Meski kalah dalam jumlah di parlemen, lanjut Karyono, Jokowi-JK masih dapat menggunakan cara lain untuk memperkuat pemerintahannya. Salah satunya dengan kembali menghimpun dukungan rakyat seperti yang terjadi pilpres Juli lalu.
“Caranya bangun laksar rakyat. Dihidupkan relawan yang kemarin dukung Jokowi-JK. Ada masyarakat mungkin yang bisa korbankan nyawanya demi Jokowi,” katanya.
Tapi cara semacam ini pun dianggap masih memiliki kekuarangan jika Jokowi-JK tidak terus berupaya membangun komunikasi yang bagus dengan parlemen. “Bung Karno saja yang punya kharisma, karena kepentingan parpol berbeda bisa tumbang,” katanya.   [Pos Kota]

1 komentar:



  1. Buat temen-temen semua yg punya masalah dlm bercinta.skrg sy sdh tau solusinya,ada seseorang yg bs
    membatu namanya MBAH SUGEL.dlu sy di campakkan suami bahkan menikah lg dgn cewek lain,setelah sy minta tlg sm
    beliau suami sy langsung ceraiin istrinya dan balik sm sy lg dan sgt setia pd sy
    ilmu MBAH SUGEL betul2 ajaib,sy sdh melihat buktinya....bagi teman teman yg ada masalah
    dlm rumahtangga baik laki atau perempuan,suami atau istri selingkuh,kawin lagi,
    mau menang sendiri,atau ada masalah dgn pacar,ada yg di sukai tp tdk menyukai kita,segra hub
    MBAH SUGEL di nmr;085 340 790 799..beliau pasti membantu kalian....terim kasih.

    BalasHapus