Sabtu, 24 Agustus 2013

Jokowi 'Effect' Sampai ke Jawa Timur?

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membawa serta Joko Widodo (Jokowi) sebagai juru kampanye cagub Jatim dari PDIP Bambang DH-Said Abdullah. Apakah kehadiran Gubernur DKI Jakarta tersebut akan mendongkrak suara cagub PDIP tersebut?
Jokowi sebenarnya tak hanya jadi jurkam PDIP di Pilkada Jatim. Jokowi juga pernah jadi jurkam di Pilkada Jabar, Sumut, Bali, dan Jateng. Hasilnya dinilai cukup memuaskan.
"Jokowi memberikan endorsement di Jabar dan Pilkada lainnya, dan dia memberikan insentif elektoral," kata pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, Sabtu (24/8/2013).

Meskipun Jokowi tak membuat semua cagub PDIP menang, namun ada peningkatan suara signifikan. Misalnya Rieke Diah Pitaloka yang muncul menjadi runner up di Pilgub Jabar.
"Jadi tidak bisa juga serampangan juga bahwa tidak ada Jokowi 'effect' karena kalahnya Rieke di Jabar. Karena pada akhirnya rakyat di daerah itu akan melihat figur yang diragukan," katanya.
Jokowi pun kini mendapat giliran menjadi jurkam PDIP di Pilgub Jatim. Dia dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan terjun langsung menjadi jurkam Pilkada Jatim.
Lalu apakah kehadiran Jokowi akan mampu mendongkrak elektabilitas Bambang-Said yang diajukan PDIP di Jatim? Tentu akan diketahui hasilnya setelah Pilkada 29 Agustus 2013 nanti. Namun dia memprediksi akan ada lonjakan suara, meskipun belum tentu bisa menaklukkan dominasi suara Soekarwo dan Khofifah Indar Parawansa.
"Hanya saya mengapresiasi PDIP semakin berani untuk mengajukan kader internal ketimbang menyewakan partainya untuk kandidat lain," pungkasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar