Jumat, 02 Januari 2015

Presiden Jokowi Buka Perdagangan Pasar Tanah Abang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini mengunjungi Pasar Tanah Abang. Kedatangan Presiden Jokowi untuk meresmikan perdagangan awal tahun 2015.
Dengan menggunakan mobil  Mercedes Benz dengan plat RI-1, Presiden Jokowi tiba di lobi Blok A Pasar Tanah Abang, sekitar pukul 08:00 WIB, Jumat (2/1/2014).
Puluhan warga dan pedagang lantas memanfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan kedatangan Jokowi menggunakan ponsel milik mereka.
Jokowi yang mengenakan batik ini melempar senyum.
"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, perdagangan tahun 2015 di Pasar Blok A Tanah Abang, dengan ini saya nyatakan dibuka," kata Jokowi membuka sesi perdagangan di lobi Blok A Pasar Tanah Abang.
Kepada para pedagang yang mencari rezeki di pasar produk tekstil terbesar di Indonesia tersebut, Jokowi meminta mereka selalu optimistis menghadapi tantangan di 2015.
"Apapun harus dilandasi dengan rasa optimis. Tahun 2015 ini akan banyak tantangan ekonomi yang berasal dari pengaruh eksternal yaitu pasar global. Memang sulit karena kita tidak bisa menduga akan seperti apa nanti, tapi sekali lagi harus optimis di 2015,” kata Jokowi.
Menurut Jokowi, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meredam dampak buruk dari pelemahan ekonomi global terhadap ekonomi Indonesia adalah mengamankan ruang fiskal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015. Penghematan dana subsidi yang tidak produktif terus dilakukan pemerintah sehingga memiliki modal untuk mendanai proyek lain yang lebih produktif.
“Ruang fiskal anggaran akan didorong masuk ke kegiatan pembangunan infrastruktur," Jokowi berucap.
Presiden Jokowi juga menyebutkan, pembangunan infrastruktur yang dimaksud termasuk pembangunan jalur kereta api, jalan tol di luar Jawa, serta pembangunan pelabuhan dan pembangkit listrik yang diyakininya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Tidak hanya dari sisi infrastruktur, Jokowi mengaku telah menginstruksikan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel untuk membangun dan merevitalisasi sebanyak 1.000 pasar tradisional per tahun. “1.000 pasar per tahun itu untuk memperbaiki ruang ekonomi untuk rakyat yang juga menjadi perhatian pemerintah,” kata Jokowi. 
Setelah meresmikan pembukaaan perdagangan, Presiden Jokowi berkeliling di Blok A Pasar Tanah Abang.Sekitar 30 menit kemudian, Presiden Jokowi langsung kembali masuk ke dalam mobil. Ia sempat menyapa warga dan melambaikan tangan sebelum mobil yang ditumpanginya melaju menuju Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Di BEI, Presiden Jokowi akan meresmikan pembukaan perdagangan BEI tahun 2015. Selanjutnya, Jokowi akan kembali ke Istana Negara untuk melanjutkan kegiatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar