Jumat, 14 Juni 2013

Jokowi Akan Promosikan "Enjoy Jakarta" di Negeri Jiran

Sehari menjelang konser Enjoy Jakarta di Taman Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Malaysia, para artis melakukan latihan. Aktivitas ini digelar sesaat setelah rombongan artis, seniman, dan pengarah seni mendarat di negeri jiran itu.
Enjoy Jakarta ini menjadi ajang promosi besar-besaran budaya Jakarta yang selama ini pernah digelar, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Andy Riza Hidayat, dari Kuala Lumpur.
Kali ini, acara tersebut melibatkan 30 penari, 18 musisi, penyanyi Rossa, Hedi Yunus, grup band Ungu, serta pemandu acara Sarah Sechan.
”Semua sudah siap tampil semaksimal mungkin mempromosikan budaya Jakarta sekaligus mengenalkan budaya Indonesia ke khalayak Malaysia,” kata pengarah seni Denny Malik, Kamis (13/6), di lokasi acara.
Sebagian besar tim yang terlibat dalam acara itu tiba di Malaysia pada Kamis siang menggunakan pesawat Air Asia. Sebagian peralatan dibawa langsung dari Jakarta, sementara perlengkapan pertunjukan lain dihadirkan penyelenggara acara dari Malaysia.
Panggung pertunjukan dibuat dengan latar belakang batik betawi berwarna merah. Latar belakang itu berbentuk kipas di sisi kiri dan kanan panggung. Pada motif batik itu diselipkan gambar Tugu Monas.

10.000 penonton
Denny bangga acara ini digelar di tempat terbuka di tengah taman pusat kota yang berkapasitas 10.000 penonton.
Sampai Kamis petang, semua seniman dan musisi mencoba panggung, mengecek perlengkapan elektronik, dan melatih skenario pertunjukan yang akan digelar Jumat malam.
Panggung pertunjukan sudah siap digunakan. Panggung tersebut berada di titik taman yang rendah, dilingkari dataran tinggi berundak. Penonton bisa melihat seluruh area panggung itu di tempat yang lebih tinggi.
”Tempat pertunjukan yang dipilih ini pertama kali di luar ruangan. Sebelumnya, acara Enjoy Jakarta selalu digelar di dalam ruangan. Artis yang terlibat pun sangat terbatas, tidak sebanyak sekarang,” kata Denny.
Latihan akhir itu disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Arie Budiman. Menurut Arie, pertunjukan ini menjadi ajang promosi budaya Jakarta ke masyarakat Malaysia. Harapannya, kunjungan wisatawan Malaysia meningkat setelah pertunjukan digelar.
”Malam ini, Gubernur Jokowi rencananya tiba di Kuala Lumpur. Besok, Gubernur akan melihat langsung pertunjukan,” kata Arie.
Azmi (45), warga Malaysia, penasaran dengan konser Enjoy Jakarta. Dia ingin melihat langsung pertunjukan tersebut. Dia salah satu penggemar lagu-lagu Indonesia.
Namun, pria yang berjualan makanan di kawasan Taman Tasik Perdana, Kuala Lumpur, itu belum pernah berkunjung ke Indonesia.


Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar