Jelang debat sesi keempat untuk cawapres, Minggu (29/6/2014) bertema
Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek, Awesometrics memantau
popularitas kedua kandidat, yakni Prabowo Subianto dan Joko Widodo di dunia maya.
Sejak debat capres ketiga, 22 Juni 2014 lalu hingga Jumat, 27 Juni
2014, pukul 13.00 WIB, Awesometrics melihat Jokowi banyak diberitakan
media massa dan Prabowo lebih banyak dibicarakan di media sosial.
"Jokowi diberitakan di media berbahasa Indonesia 37.744 kali dan di
media lokal berbahasa Inggris 520 kali. Prabowo diberitakan tak kurang
dari 30.244 kali di media berbahasa Indonesia dan 411 kali di media
berbahasa Inggris," kata Yustina Tantri Marketing Communication
Reputation Monitoring Awesometrics, Sabtu (28/6/2014).
Sementara, Jokowi dibicarakan 53.360 kali di facebook dan
dipercakapkan 1.014.514 kali di twitter. Prabowo dibicarakan 87.368 kali
di facebook dan 1.602.877 kali di twitter.
Berikut perbandingan persentasenya:
Terkait tema debat mendatang, Awesometrics menemukan sejumlah isu
terkait dibahas untuk Prabowo dan Jokowi. Soal IPTEK, ada 215 topik
pemberitaan soal “cyber” untuk Prabowo dan 384 topik “cyber” untuk
Jokowi, dimana sebagian muncul saat Jokowi menggelar diskusi dengan
netizen, Kamis (26 Juni 2014 malam).
Sebanyak 850 kali pembahasan soal “teknologi” di media massa
dikaitkan dengan Jokowi, dan 420 pembahasan soal “teknologi” di media
massa untuk Prabowo.
Di media sosial, hanya 6 percakapan soal “Iptek” dikaitkan dengan
Jokowi, dan 7 percakapan “Iptek” dikaitkan ke Prabowo. Ada 777
pembicaraan soal “teknologi” untuk Prabowo, dan 2014 percakapan soal
teknologi untuk Jokowi.
Sebanyak 505 kali percakapan di media sosial mengaitkan SDM (sumber
daya manusia) dengan Jokowi, dan 365 kali percakapan media sosial soal
SDM dengan Prabowo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar