Senin, 10 November 2014

Jokowi ke Obama: Kerja Sama Kita akan Ditingkatkan di Bidang Keamanan

Presiden Jokowi menyambut baik ajakan kerja sama dari Presiden AS Barack Obama. Pada Obama, Jokowi berbicara tentang gerakan paham ekstrem dan radikal.
"Kita ingin stabilitas keamanan di kawasan kita lebih baik, makanya kerja sama kita akan ditingkatkan khususnya di bidang keamanan," kata Presiden Jokowi pada Presiden Obama saat pertemuan di Hotel Westin, Beijing, China, Senin (10/11/2014).
Jokowi tampak didampingi sejumlah menteri. Duduk di sisi kanan Jokowi adalah Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan di sebelah kiri Jokowi adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil. Dalam pertemuan itu Jokowi memakai bahasa Indonesia dan Obama berbahasa Inggris. Kedua berbicara dengan perantara penterjemah yang berdiri masing-masing di belakang mereka.
Jokowi merespon pujian Obama tentang Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia namun praktik demokrasi seperti pluralisme dan toleransi sangat berjalan. Jokowi mengatakan, merujuk pada pujian Obama, bahwa Islam dan demokrasi berjalan dengan baik. Namun, diakui Jokowi, masih ada masalah ekstremisme dan radikalisme di Indonesia.
"Dan juga berkaitan dengan masalah ekstremisme dan radikalisme saya kira Indonesia juga mempunyai pengalaman selama 30 tahun dan kita akan teruskan akan ditambah dengan aksi dan akan kita teruskan dan ditambah dengan bukan hanya pendekatan keamanan tapi pendekatan budaya dan pendekatan keagamaan untuk mengurangi dan menghilangkan radikalisme dan ekstremisme," tutur Jokowi.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar