Rabu, 29 Januari 2014

Jakarta Dikepung Banjir, Jokowi: Tadi Malam Saya Keliling Sampai Jam 1

Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (28/1/2014) malam, hingga Rabu pagi (29/1/2014), menyebabkan terjadinya banjir di beberapa ruas jalan. Akibatnya, arus lalu lintas menjadi macet parah.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowo) mengaku sudah mendapat laporan soal parahnya kemacetan Jakarta pagi tadi. Termasuk soal adanya banjir.
"Iya sudah tahu. Tadi malam saya keliling sampai jam 1. Ya memang seperti itu," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2014).
Jokowi mengatakan, banjir di Jakarta ini sudah rutin terjadi. Sehingga persiapan dalam penanganan pengungsian korban banjir harus bisa lebih baik lagi.
"Kalau kita lihat di lapangan, setiap tahun, titik banjir sudah ngerti itu di mana saja, evakuasi ke mana juga sudah. Ini kan kaya rutinitas, tapi kan nggak benar juga kalau saya bilang rutinitas. Jadi yang diselesaikan itu akar masalahnya. Air itu dari wilayah atas. Pekerjaan besar ini yang harus segera kita putuskan, seperti Waduk Ciawi, itu dampaknya luar biasa," jelas Jokowi.
Jokowi juga menegaskan, untuk mengantisipasi banjir, pihaknya sampai sekarang masih terus melakukan normalisasi sungai dan waduk yang ada di Jakarta. Terlebih APBD DKI 2014 memang diprioritaskan untuk penanganan masalah banjir dan macet di Jakarta.
"Waduk dan kali masih kita keruk. Keruk terus," katanya.
Sementara itu, terkait dengan penangana banjir pascabanjir, Jokowi mengaku sudah menegaskan Dinas Kebersihan DKI untuk segera melakukan penanganan.
"Sudah di telepon, langsung angkut, telepon, angkut lagi," katanya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar