Rabu, 29 Januari 2014

Terjadi Tiap Tahun, Samapai Jokowi Hafal Titik-titik Banjir

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mengetahui titik-titik banjir apabila Jakarta diguyur hujan deras. Jokowi juga menilai banjir sebagai rutinitas warga Jakarta setiap tahunnya.
"Kalau kita lihat di lapangan, setiap tahun, titik banjir sudah ngerti itu di mana saja, evakuasi ke mana juga sudah. Ini kan kaya rutinitas, tapi kan enggak benar juga kalau saya bilang rutinitas," ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2014).
Menurut Jokowi, setiap tahunnya hujan lokal dan aliran air dari wilayah hulu selalu mengakibatkan Jakarta menjadi banjir. Oleh sebab itu, menurut dia kerja sama pembangunan waduk Ciawi dan waduk Sukamahi harus menjadi prioritas Pemprov DKI Jakarta.
"Jadi yang diselesaikan itu akar masalahnya. Air itu dari wilayah atas. Pekerjaan besar ini yang harus segera kita putuskan, seperti Waduk Ciawi, itu dampaknya luar biasa," jelas dia.
Selain membuat waduk, Jokowi juga akan menggenjot normalisasi kali dan waduk di Jakarta untuk dapat menampung air hujan kiriman ataupun lokal. Bahkan, Jokowi juga telah memprioritaskan APBD DKI Jakarta sebesar Rp 72 triliun untuk macet dan banjir. "Waduk dan kali masih kita keruk. Keruk terus," pungkas dia.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar