Selasa, 20 Agustus 2013

Jokowi Gelar Jakarta Keroncong Festival 20-21 Agustus 2013

Keroncong merupakan jenis musik yang lahir, tumbuh dan berkembang lewat buah cipta, rasa dan karsa bangsa Indonesia. Baik ditinjau dari aspek musikal atau estetik sosialnya, musik keroncong selalu mengedepankan nilai-nilai keluhuran budaya bangsa Indonesia.
Untuk melestarikan budaya musik keroncong, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar Jakarta Keroncong Festival yang diselenggarakan di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan. Acara ini diadakan tanggal 20-21 Agustus 2013.
Untuk puncak acara sekaligus pengumuman pemenang akan digelar di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 24 Agustus mendatang. Agar tidak punah, musik keroncong harus terus dilestarikan, ujar Kepala Bidang Pengelolaan dan Daya Tarik Destinasi Disparbud DKI Jakarta, Ida Subaedah di Jakarta, Selasa (20/8/2013).
Dalam Jakarta Keroncong Festival nanti, Ida menambahkan, akan ada berbagai lomba penyanyi dan grup keroncong. Meski baru pertama kali diadakan, kegiatan ini menyedot banyak peserta dari berbagai usia. Setidaknya ada 85 peserta dan 12 grup yang akan mengikuti kegiatan ini.
"Semua grup keroncong yang ada di Jakarta mengikuti festival ini. Kegiatan ini juga bisa mengembangkan musik keroncong di Jakarta, karena saat puncak acara nantinya akan digabung dengan orkestra oleh Jakarta Philharmonic Orchestra. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 60 juta," terangnya.
Sedangkan Ketua Badan Koordinasi Organisasi Musik Keroncong, Sumaryo mengatakan, di Jakarta setidaknya ada 59 grup keroncong. Namun yang solid atau masih terus berkarya hanya sekitar 9-10 grup saja.
Sebab beberapa musisi telah meninggal dunia dan tidak ada yang meneruskannya. Sekarang cuma tinggal 9-10 grup saja yang solid," katanya.
Oleh karena itu, Jakarta Keroncong Festival selain dilombakan juga sebagai pembinaan bagi para pelaku seni juga diperuntukkan bagi pecinta lagu dan musik keroncong. Sehingga diharapkan musik keroncong terus berkembang dan tidak punah.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar