Jumat, 02 Januari 2015

Presiden Jokowi Lantik KSAU

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsekal Madya Agus Supriyatna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Ida Bagus Putu Dunia. Agus mengalami kenaikan pangkat dua tingkat dalam tempo tiga hari.
"Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya Agus Supriyatna dengan NRP-505477 menjadi Kepala Staf Angkatan Udara," kata Sekretaris Militer Presiden di Istana Negara, Jumat (2/1/2015).
Agus sebelumnya adalah perwira tinggi bintang dua TNI AU atau marsekal muda yang menjabat Wakil Inspektorat Jenderal TNI. Agus langsung diangkat menjadi marsekal madya pada 31 Desember 2014 dengan jabatan Kepala Staf Umum TNI untuk memenuhi syarat calon KSAU, yaitu perwira tinggi bintang tiga.
Sebagai Kasum TNI, Agus menggantikan posisi Laksamana Ade Supandi yang lebih dulu dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Pelantikan Agus dan Ade batal bersamaan karena hingga akhir Desember 2014 Agus masih berpangkat marsekal muda.
Dalam upacara pelantikan, penandatangan surat berita acara oleh Agus dan Jokowi disaksikan Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kepala Kepolisian RI Jenderal Sutarman.
Tampak hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang mengenakan batik lengan panjang  berwarna coklat, juga dihadiri sejumlah menteri dari Kabinet Kerja, seperti Menko Polhukam, Menteri Perekonomian, Menko Maritim, Mensesneg, Seskab, Menkum HAM‎, Menhan, Menag, Mendagri, Menlu, Mendikbud, Menkes, Mensos, Men PAN dan RB, Kepala BPN, Kepala Bapenas, Menteri Kelautan dan Perikanan hingga Kepala BIN.
Seusai acara pelantikan, Agus berjanji akan menjadikan semua hal sebagai prioritas. Ia bertekad meningkatkan pertahanan udara di wilayah Indonesia. "Semua itu kan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa melalui Presiden. Hari ini Alhamdulillah dilantik sebagai KSAU," kata Agus dengan bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar