Jumat, 24 Oktober 2014

Jokowi Halo-halo dengan Tiongkok dan Sekjen PBB

Memasuki hari kelima sebagai presiden, Joko Widodo (Jokowi) memulai aktivitasnya dengan menerima telepon dari petinggi negara sahabat. Salah satunya adalah presiden Tiongkok Xi Jinping.
Komunikasi via telepon ini dilakukan pukul 10:40, Jumat (24/10/2014). Para wartawan sudah berkumpul di Istana Merdeka untuk meliput kegiatan tersebut.
Jokowi menerima telepon itu ditemani oleh 3 ajudannya.
"Good morning. Who is speaking?" kata Presiden Jokowi saat menerima telepon.
Usai kalimat sapaan itu meluncur dari Jokowi, wartawan yang menyaksikan panggilan telepon itu diminta meninggalkan ruang kerja Presiden.
Percakapan antara Jokowi dan Xi Jinping di antaranya akan membahas soal rencana kunjungan Jokowi ke Beijing untuk menghadiri KTT APEC pada 10 November 2014 mendatang.
Ahmad Rusdi, Kepala Protokol Negara mengatakan bahwa pembicaraan Jokowi dan Xi Jin Ping adalah untuk mengucapkan selamat serta mengundang Jokowi untuk menghadiri APEC.
"Cuma ngucapin selamat, lalu diundang ke APEC," kata dia.
Ahmad mengatakan kemungkinan Jokowi akan memenuhi undangan itu. "Insya Allah," ujar dia.
Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan akan menerima telepon dari Sekjen PBB Ban Ki Moon. Belum jelas apa materi pembicaraan mereka, namun diperkirakan untuk mengucapkan selamat dan membahas isu internasional.
Sementara itu, di Istana pagi ini sudah berkumpul sejumlah mantan Deputi tim transisi seperti Andi Widjajanto dan Rini Soemarno. Rektor Paramadina Anies Baswedan juga sudah tiba di Istana.
Dikabarkan, Jokowi pagi ini akan melakukan kegiatan internal seperti rapat mambahas kabinet dan urusan luar negeri.
Mengenai nama-nama menteri, belum diketahui secara pasti kapan Jokowi akan mengumumkan kabinetnya.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar