Senin, 28 Juli 2014

Balai Kota 28 Juli 2014


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) membuka kantornya untuk masyarakat dan aparatur daerah DKI Jakarta. Pada kesempatan ini para tamu diajak untuk menikmati hidangan yang disiapkan di ruang Balai Agung.Usai menunaikan ibadah Salat Id, Jokowi langsung masuk ke ruangannya bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Ferrial Sofyan.
Mereka duduk semeja dan makan bersama di Balai Agung. Jokowi yang mengenakan baju koko putih dan celana panjang hitam hanya memakan dimsum dan minum teh hangat. Sedangkan istri Jokowi, Iriana juga ikut makan bersama, dan hanya makan dimsum juga.
Menu makanan yang disediakan beragam, mulai dari siomay, soto mi, soto ayam, ketupat sayur, kue-kue kecil seperti sus, puding. Minuman berupa jus, air putih dan sirup. "Sudah dipesan dari dua bulan lalu untuk 400 orang," ujar Erna, pemilik katering Neglasari.
Menurut dia, Jokowi memang memesan menu khas Lebaran. Khusus untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi memesan menu khusus, yaitu soto banjar dan lontong cap go meh. "Tapi sayang pak Ahok tidak jadi hadir," ujar Erna.


Dalam jamuan ini nampak beberapa pejabat Pemprov DKI Jakarta, di antaranya Kasatpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santosan, Sekretaris Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Mara Oloan Siregar, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Subedjo dan Kepala Biro Umum Agustino Darmawan.

Diserbu Warga
Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan warga tampak berebutan untuk bersalaman dengan Jokowi usai menuntaskan salat Idul Fitri berjamaah di halaman Balai Kota. Mereka berebutan berjalan di samping Jokowi saat mantan walikota Solo itu berjalan kembali ke gedung Balai Kota.
Sejumlah petugas pengaman yang berbajo koko putih dan mengalungi identitas tampak sibuk menghalau warga yang kelewat antusias dan menghalangi jalan. "Tolong kasih jalan dulu!" ujar ajudan tersebut.
Jokowi kemudian memberi kode akan makan pada awak media yang sudah menunggu di depan pintu. Tak lama setelah Jokowi masuk, Iriana Widodo yang mengenakan kerudung dan baju terusan berwarna putih menyusul masuk.

Alasan Pilih Open House di Balai Kota
Tidak seperti tahun lalu, Jokowi dalam Idul Fitri 1435 H ini memilih melaksanakan ibadah Salat Id di halaman Balai Kota Pemprov DKI. Dia punya alasan sendiri mengapa tidak Salat Id di Masjid Istiqlal bersama Presiden SBY dan sejumlah pejabat negara yang lain.
"Di Balai Kota permintaan dari masyarakat, PNS dan birokrasi di Balai Kota," kata Jokowi usai Salat Id dan sarapan di gedung Balai Agung, Kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Senin (28/7/2014) pagi.
Jokowi tidak menjelaskan lebih lanjut alasan para PNS Pemprov DKI memintanya salat di kantor. Namun, kemungkinan besar karena Lebaran kali ini adalah yang terakhir bagi Jokowi sebelum menjabat Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Pesan Lebaran Jokowi
Usai pelaksanaan Salat Id di Balai Kota, Jokowi menyampaikan pesan Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Indonesia.
Jokowi mengajak warga Indonesia kembali bersatu setelah sempat renggang pasca-pemilihan umum presiden 9 Juli 2014. Menurut dia, Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk saling menyampaikan maaf dan kembali membina persatuan Indonesia.
"Kita kembali ke fitri. Kita berharap seluruh masyarakat Indonesia menjadi satu lagi. Jadi, bangsa Indonesia yang dulu ada kerenggangan, ada kerikil kecil waktu pilpres, bisa rukun kembali," kata Jokowi, Senin (28/7/2014).
Jokowi berharap masyarakat yang dengan tetangganya, sahabatnya, temannya sempat berbeda pendapat karena pilihan politik bisa rukun dan bersatu kembali atas nama Indonesia. "Tidak ada lagi nomor-nomoran, semua satu, demi persatuan Indonesia," ujarnya.

Rencana Setelah Open House
Setelah berlebaran dengan warga yang sedari tadi telah menanti di Balai Kota, Jokowi akan sowan ke senior-senior.
"Ya ke Bu Mega, ke Pak Surya Paloh, ke semua lah," kata Jokowi.
Sementara itu esok hari rencananya Jokowi akan bertolak kembali ke Solo untuk berlebaran bersama keluarga. Dia akan di Solo selama satu hari.
Jokowi juga mengatakan  belum ada rencana untuk bersilaturahmi ke kediaman Prabowo Subianto di hari raya Idul Fitri 1435 H ini.
"Belum-belum," kata Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar