Minggu, 28 Desember 2014

Presiden Jokowi di Wamena

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana bersama sejumlah menteri kabinet kerja, Minggu 28 Desember 2014 bertolak dari Jayapura ke Wamena, wilayah pegunungan Papua, dengan pesawat Hercules milik TNI AU. Presiden ke Wamena guna melihat secara langsung kondisi wilayah pegunungan Papua, yang selama ini identik dengan keterisolasisan.
Tiba di Wamena sekitar pukul 10:05 WIT, di depan pendopo Gedung Lembaga Adat, Ketua adat masyarakat Lembah Masyarakat Adat dan Gubernur Papua menyambut kehadiran Presiden Jokowi.
Mahkota Masyarakat Adat pun diberikan para tetua Adat kepada Jokowi. Sedangkan kepada Ibu Negara diberikan seikat kembang khas lembah Baliem.
Kedatangan Jokowi pertama kali ini pun disambut dengan tari-tarian masyarakat adat di Papua.
"Wa-wa-wa-wa!" teriak warga yang beberapa di antaranya mengenakan koteka dan noken.
Jokowi dan Ibu negara juga didoakan para tetua adat masyarakat Lembah Baliem.
Presiden dan rombongan kemudian menuju rumah adat warga pegunungan (honai) untuk berdialog dengan masyarakat.
Ketua Tim Relawan Jokowi for Presiden Provinsi Papua, Yakoba Lokbere, mengaku seluruh warga Pegunungan sangat gembira menyambut kehadiran Presiden di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya.
"Wamena ini poros dan pintu masuk ke sebelas kabupaten di pegunungan, tentu masyarakat sangat gembira Presiden hadir di tengah-tengah mereka guna melihat langsung kondisi nyata mereka," ujar Lokbere, yang juga istri Bupati Jayawijaya.
Dengan kehadiran Presiden langsung melihat wilayah pegunungan, yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat, akan memudahkannya untuk menyusun rencana program, terutama mengatasi berbagai persoalan yang ada, seperti minimnya pelayanan pendidikan, kesehatan serta infrastruktur.
"Presiden akan lebih mudah membuat programnya guna mengatasi berbagai persoalan di pegunungan, jika langsung datang seperti ini," ujarnya.
Setelah berdialog dengan warga pegunungan Papua, Presiden dijadwalkan akan terbang menuju Sorong. Selama tiga jam di sana baru kemudian bertolak ke Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar