Sabtu, 27 Desember 2014

Jokowi Ajak Berdialog Warga Papua yang Ada di Gunung dan Hutan


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perayaan Natal ini diharapkan bisa mengingatkan semua untuk lebih banyak memperkuat cinta kasih, solidaritas serta kesetiakawanan sosial di antara sesama bangsa Indonesia.
"Perayaan Natal, juga diharapkan benar-benar akan membawa suasana damai kepada siapa saja yang merayakannya, termasuk pada saudara-saudara kita di Tanah Papua," kata Jokowi di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Sabtu (27/12/2014).
"Momentum ini harus menjadi kabar baik untuk mewujudkan Tanah Papua sebagai tanah damai."
Rasa kesetiakawanan dan cinta kasih ini semakin penting karena pada saat yang sama, sejumlah rakyat Indonesia sedang mengalami bencana alam.
Jokowi menyebut peristiwa seperti tanah longsor di Banjarnegara, bencana banjir di Bandung, di Aceh Timur dan Aceh Utara, dan juga gunung meletus di Ternate.
Ini merupakan perayaan Natal Nasional yang sengaja di pusatkan di Papua. Jokowi mengatakan ini dilakukan karena ingin mempererat rasa sebangsa dan setanah air dengan rakyat Papua.
Presiden Jokowi juga mengatakan ingin berdialog dengan masyarakat Papua dan membangun provinsi ini. Jokowi mengaku ingin mendengar suara masyarakat Papua secara langsung sehingga ia mengetahui persoalan yang sebenarnya dan akan mencarikan solusinya.
"Yang masih di dalam hutan, yang masih di atas gunung-gunung, marilah kita bersama membangun Papua sebagai tanah yang damai. Marilah kita pelihara rasa saling percaya di antara kita, sehingga kita bisa berbicara dalam suasaana yang damai dan sejuk," ajak Jokowi.
Jokowi menambahkan, "Kita ingin semuanya akhiri konflik yang ada, jangan ada lagi kekerasan."
Jokowi mengaku ingin mempergunakan waktu sebanyak-banyaknya untuk mendengarkan suara rakyat Papua. Sebab, semangat ini dapat dijadikan pondasi untuk menatap masa depan tanah Papua yang lebih baik.
Jokowi menambahkan, masyarakat Papua tidak hanya butuh pendidikan yang lebih baik, tetapi juga butuh didengar dan diajak bicara.
"Itulah sikap dasar saya dalam membicarakan setiap persoalan di Papua," tegas Jokowi. [kompas]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar